Saturday, December 13, 2008

fakta dan mitos meningkatkan traffic dan peringkat alexa

Wah abis jalan-jalan ga da kerjaan di waktu luang, tanpa sengaja saya menjenguk blog sobat yang bisa dibilang masuk jajaran "empu-empu blog" juga nih. Saya membaca halaman dari Zalukhu blog
Menariknya dalam pembacaan saya tersebut membahas tentang meningkatkan ranking blog kita di tante alexa. Dapet ilmu baru neh walaupun kebanyakan berupa hipotesa alias opini pengarangnya :D tapi masuk akal juga. Benar ga? Ayo kita cek Dan lebih berguna saya bagi ke sobat-sobat lainnya untuk di analisa :)




1. Pasang Widget Alexa.

BENAR........

" Menurut saya hal inilah yang paling penting dalam meningkatkan Ranking Alexa, dengan memasang widget Alexa di blog maka otomatis penghitungan pengunjung blog akan tercatat di database Alexa. Jangan malu untuk memasang widget meskipun angkanya menunjukkan juta-juta. Sebelum saya memasang Alexa widget di blog saya yang ini peringkatnya masih 11 jutaan. Namun satu hari setelah saya memasang widgetnya, rankingnya naik menjadi 10 jutaan, jadi kenapa mesti malu masang jika tujuannya untuk kebaikan. Silahkan download Alexa Widget DISINI.

Update terakhir yang bisa saya sampaikan bahwa Tips ini pun ga berlaku bagi ranking 1 hingga 6 digit… dan mungkin memang sudah ga bisa digunakan lagi tips ini....... "

Begitu kata mas zalukhu. Dan Saya rasa ini benar adanya. karena saya juga mengalami dan melakukan hal tersebut. Dan terbukti. Dan saya yakin hal ini sudah lazim dilakukan oleh semua pecinta tante Alexa di jagad blog ini :D

2. Pasang Alexa Toolbar.

BENAR, TAPI.......

" Untuk hal yang satu ini saya sangat setuju untuk meningkatkan ranking ALEXA, namun tips ini akan sangat berguna jika kita mengakses internet dari komputer pribadi. Dengan memasang Alexa toolbar di browser dengan halaman web/blog kita sebagai homepagenya akan sangat berguna untuk meningkatkan ranking Alexa. Namun jika kita memasangnya di warnet atau di kantor yang notabene sewaktu-waktu halaman Homepagenya di rubah, tentunya tips ini ga akan berfungsi. Lalu bagaimana pemecahannya…. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah menghubungi langsung pemilik atau penjaga warnet agar mau memasang Alexa Toolbar di browser komputer warnet mereka serta menjadikan alamat web/blog kita menjadi halaman homepage default di semua komputernya , apa dan bagaimana kompensasinya itu sih terserah :) . Sebagai informasi, bahwa Alexa toolbar untuk internet explorer dan modzilla firefox berbeda, silahkan unduh Alexa toolbar untuk Internet Explorer DISINI dan untuk Firefox silahkan unduh DISINI. "

Itu juga Kata mas Zalukhu dalam tulisannya.
Nah yang ini juga masuk akal, Bisa diterapkan deh kalo sobat mau membuktikannya. Ga da salah dan ruginya khan :)

3. Posting tulisan mengenai Alexa.

BENAR, TAPI........

" Poin ini juga menurut saya cukup efektif untuk meningkatkan RANKING ALEXA , tetapi jika alasannya poin ini bisa menaikkan ranking Alexa karena Alexa memperhatikan artikel kita maka saya tidak setuju. Helloooo…. hari gini mana sempat pihak Alexa memperhatikan artikel tiap blog yang jumlahnya jutaan.. Namun saya melihat sisi lain dari poin ini, bahwa minat para blogger untuk mengetahui tips-tips terbaru mengenai Alexa sangatlah tinggi, sehingga jika kita mengangkat tulisan mengenai ranking Alexa yang berbeda dengan artikel di blog lain, maka tentunya pengunjung blog kita akan bertambah oleh para pengunjung yang selalu ingin tahu tentang cara meningkatkan ranking Alexa. Nah disinilah letak mengapa kita bisa menaikkan ranking Alexa dengan tips ini ".

Saya sependapat dengan tulisannya ini. Kalo dipikir-pikir lagi, betul juga, tante alexa mana cukup waktu untuk blogwalking sambil ngecek yang postingin tentang dia. Apalagi Alexa itu mendunia, yang ranking 20 juta kebawah aja banyak, nah berarti total link bisa lebih dari itu, dan mana cukup waktu juga meriksain semua.

4. Tingkatkan Pengunjung Blog.

SANGAT BENAR

" Poin ini juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan peringkat Alexa. Karena ranking Alexa memang berdasarkan pengunjung web/blog, semakin banyak pengunjung web/blog maka peringkat Alexa akan semakin baik. Bagaimana meningkatkan pengunjung blog, pernah saya bahas disini atau yang di bahas Jimmy disini . Namun saya juga mau menambahkan beberapa tips-tips yang belum saya bahas di halaman tersebut. Untuk meningkatkan pengunjung, daftarkanlah setiap artikel blog pada situs sosial bookmark seperti digg, tachnoratti dan lain-lain, trik ini sangat efektif untuk menarik pengunjung ke web/blog kita. Sesekali tarik pengunjung dengan menulis tentang hal-hal yang sedang hangat dibicarakan, serta jangan lupa untuk selalu meninggalkan Jejak (baca : komentar) pada setiap blog yang dikunjungi."

Setuju semua pasti pada poinyang satu ini. Ya iyalah wong sudah jadi tradisinya secara umum, ibarat kata makanan pokoknya nih. Kalo ga tersentuh makanan pokok dalam sehari gimana gitu rasanya perut. Eh kok jadi bahas makanan yah?? maap2.. :P

5. Redirect Blog dengan Url Redirect Alexa.

SALAH

" Untuk poin ini saya jelas-jelas TIDAK SETUJU sekali lagi TIDAK SETUJU. Tips yang mengatakan agar setiap kita mengisi komentar di blog yang kita kunjungi, kita menggunakan link redirect alexa dengan bentuk : saya kurang setuju. Ada beberapa kerugian yang justru kita dapatkan jika kita melakukan hal itu. Pertama , jika kita menggunakan link redirect Alexa maka hitungan Backlink kita ga akan bertambah (jika blog yang kita komentari menganut DOFOLLOW ) dan yang Kedua yang paling parah adalah jika kita menggunakan redirect Alexa maka kemungkinan error ketika Link tersebut diklik sangatlah tinggi. Bahkan beberapa hari terakhir link redirect tersebut masih error, sehingga menyusahkan bagi yang mau mengunjungi blog kita. Kasus ini saya alami juga dengan saudara Kombor yang selalu mengisikan url nya dengan link redirect Alexa, saya yang selalu memfollow setiap komentar di blog ini aga kesulitan karena ketika mengklik urlnya justru yang saya temui halaman error, untung saya baek hehehe jadi saya ketikin aja alamat blognya di address bar hehehhe."

Wah mengenai ini saya belum mencoba sampai sekarang, Tapi berhubung kata empunya gini, Ya coba nurut aja gimana baiknya :)

Dan pembahasannya Yang paling penting kita garis bawahin adalah :

bahwa dari apapun tips-tips untuk meningkatkan ranking alexa yang utama adalah dengan mendatangkan IP UNIK sebanyak-banyaknya ke blog kita. Semakin banyak IP UNIK berkunjung ke blog kita, maka dipastikan ranking alexa kita akan semakin meningkat

Dan saya juga menyambung lidah dari sang pembagi ilmunya :
At least… tulisan ini ga bermaksud mengecilkan tulisan-tulisan di blog lain, hanya sekedar berbagi untuk sesuatu yang lebih baik.

Sekian dari saya. Apapun yang telah saya beri sekali lagi hanya opini dan hipotesa, sob yang akan melakukan sob juga yang menentukan benar-salahnya. Just opinion :)


17 comments:

oPa said...

wah selamat YaH...tuh Si alexa da mulai jatuh cinta ma ente,tuh buktinya da ampit tembus 1juta..
:)

anak-nias said...

keduaxx...
hmmmmmmmm, alexa turunnya kalo gak mosting n IP gak unik. nah temuin dah tuch cara gimana dapatin IP unik 1000 dalam sehari hehehehe

salam kenal dari newbie anak-nias

Angga's PC said...

intinya, download alexa toolbar.

suruh pengunjung ikutan download juga.

GOMBLOH said...

muantaaf artikelnya broo moga cepat turun ranknya ya

yoyo said...

klo saiya sekarang masih make toolbar alexa aja, klo tuk widgetnya... hmmmm, nanti aja dah :)

FLikZ said...

keereeen...
coba ah....

aditya said...

ok! sayangnya aku make domain .co.cc jadi peringkatku ga bisa dihitung.

Digital Baca : said...

Posting nya mantabs....
yang jelas rajin berkunjung dan join comunity .... itu lebih ampuh

NYoMaN said...

hebat dibawah 1 juta sebentar lagi :D

trik yuwie said...

Keren bro..
intinya, posting yang bagus.. klo postingan kita diakui, pengunjung bakalan berduyung2 ke blog kita. dan satu lagi, jangan pernah copas. copas ilmunya boleh, asal jangan copas postingannya...g kreatif namanya..he3..

trik yuwie said...

Keren bro..
intinya, posting yang bagus.. klo postingan kita diakui, pengunjung bakalan berduyung2 ke blog kita. dan satu lagi, jangan pernah copas. copas ilmunya boleh, asal jangan copas postingannya...g kreatif namanya..he3..

NYoMaN said...

hehe dari bahasanya sih ketahuan bukan copas ini :P

Rie21 said...

Benar Juga ya Mas, , , Blog Saya masih seumur Jagung bakar/ barbeque. Hehehehe. . . maap ga lucu >.< Saya Coba dulu ya. . . Terima Kasih Banyak.

iwak kakapz said...

hebat coy

jazzalmighty said...

gw coba deh saran2 yang lo kasih tau itu...

Gunawan said...

thanks saran nya bos...

ryan said...

terima kasih ya atas tipsnya.berguna buat blogger baru ky saya. n udah di coba. karna blog ini udah bermanfaat bagi saya. saya akan pasang linknya di blog saya. Klw boleh link back ya. makasih sebelumnya.

KOMENTAR TERAKHIR