Friday, December 19, 2008

Oh my God! rangking ALEXA ku 9 !!!!!

Post ini sebelumnya saya buat bukan dengan maksud mengecilkan hati sobat, akan tetapi dengan tujuan sangat mulia menjawab kebimbangan dan mungkin pertanyaan aneh yang selalu menghantui beberapa sobat kita. Sekaligus memberi solusi atau jalan keluar dari kesesatan yang tak tersadari ini :)




Beberapa hari yang lalu ada teman saya yang menanyakan kepada saya perihal keanehan ranking di Alexa. Beliau heran dan bertanya mengapa peringkat alexa saya sampai saat ini masih di atas 1 jutaan aja padahal usia blog udah cukup lama.






sementara beliau baru membuat beberapa hari saja udah menempati ranking 9 di alexa, beliau pun menunjukkan :







dan wow ternyata tertulis rank 9 !!!! Ajaib? :) bagi sebagian orang mungkin ya dan seperti yang dulu pernah saya rasakan ketika baru mengecek peringkat di alexa terjadi hal yang sama, nah lantas apakah alexa saat pertama kita cek itu terjadi kesalahan atau error? Mungkinkah alexa jebol atau terjadi kebocoran seperti yang terjadi pada IE 7 baru-baru ini? :D

Semula saya senang dan bingung, tapi setelah diteliti di laboratorium ( hweee labor wkwwk ) dan melalui berbagai penelitian kompeten para ahli ( nah ini lagi lebay kali :D ) Kalo kita lirik lagi dengan jelas, Sob akan menyadari satu hal. Angka peringkat 9 yang tertera itu bukanlah peringkat blog kita ternyata. Coba sob ce kembali di situs alexanya lihat keterangannya sekali lagi, Yang tertera itu adalah peringkat blogger.com dalam hal ini ya peringkat situs www.blogger.com tempat kita mendaftar blog.

Bagaimana? tersadari bukan? hal kecil yang luput dari penglihatan kita :) Lalu mengapa peringkat blogger yang muncul dan bukannya peringkat kita? Nah ini yang perlu di garis bawahi. Alasan utamanya adalah tidak tersedianya data kita di pusat Alexa. Mengerti maksudnya? dengan bahasa yang lebih simpelnya, situs kita belum terdaftar alias belum online di pencarian dunia maya.
Pertanyaan sekali lagi muncul, padahal udah daftar di blogger yang notabene blog online, lah kok belum "ngonline"? Nah ini berhubungan dengan yang namanya GOOGLE INDEX. Sudahkah anda meng-Add URL anda pada Google index?. Kalo sobat belum meng-add URL sitenya di sana jangan harap blog sobat bisa nongol atau muncul di pencarian ( search google ) apalagi untuk di ranking oleh Alexa. Betul tidak? ( Aa'gym MODE: ON ).

Lalu bagaimana untuk mendaftarkan blog kita di google index? Mudah.. tinggal sobat isi aja alamat http URL nya beserta deskripsi blognya

DISINI

Nah ada satu lagi pertanyaan penting. Beberapa saat yang lalu saya telah mendaftarkan blog / site saya di google index, tapi ketika mengecek ranking alexa nya kok malah masih saja peringkat 9? apa sudah takdir saya? ( weheheh di hiperbolakan :D ) Lagi-lagi ini karena anda belum terindeks di google, alias apa yang telah anda lakukan dengan mengisi form di google index, tidaklah langsung ditindak atau diindeks dari google saat atau hari itu juga sob. Sobat baru aja mengisi format REQUEST, mengenai kapan blog / site sobat udah masuk ke index google dan terhitung dalam pencariannya, itu keputusan dari GOOGLE.com :) kalau beruntung yah besok udah bisa ke index, Seperti yang saya rasakan ketika mengindeks blog ini. Nah kalo kurang beruntung malah bisa sampe minggu depan baru ke indeks seperti yang juga di alami beberapa teman-teman saya yang terjun ngeblog juga.

Bagaimana mengecek kalo blog kita udah keindex apa belum?
Saya menemukan cara yang unik tapi normal :P untuk mengetahuinya ya cukup cek aja PAGERANK sobat ( eit apalagi tuh pagerank? Ah ntar aja jelasin detailnya yah, kita fokus pada Rank tante Alexa yang aneh ini dulu, ok! ) Cek dulu page rank sobat di

DISINI

Lihat hasilnya baik-baik, Jika yang tertera disana adalah N/A alias Not Available alias Nonymus/Anonymus artinya blog sobat belum terIndeks di google. Karena apabila sudah terindeks yang semestinya muncul hanyalah nilai dari 0 - 10. Nah bila yang muncul angka 0 atau dengan mukjizat lain yang muncul angka 4, maka blog atau situs sobat udah ke indeks :)

Nah setelah tahu kita telah terindeks, langsung deh sobat bisa tancap gas lihat rank alexanya. Bagaimana kemudian hasilnya? Apa ? sekarang malah peringkat 1? Bisa ngiri amat si google, yahoo, dan kroni-kroninya Hahahaha. Nah baru muncul deh bagi blog yang baru mungkin akan keluar 8 digit atau 7 digit, Sedikit membuat kurang semangat memang, tapi harus tetap sobat tampilkan di blognya. Mengapa? Karena dengan menampilkan widgetnya, merupakan salah satu strategi meningkatkan ranking daripada Alexa tadi.
Oh ya ada lagi beberapa yang bertanya bagaimana yah memunculkan widget atau menampilkan ranking tersebut di blog kita?

Sekalian disini tak kasih tahu deh dengan singkat

1. Pastinya masuk ke ALEXA site isi form HTTP:// pada "SITE INFO" dengan situs/blog sobat.
2. Cari bagian tombol " Webmaster corners " pada menu atas dan klik
3. Akan muncul berbagai pilihan widget dan tools, nah untuk memunculkan tampilan ranking, pilih kotak yang pertama sekali. Lalu klik.
4. Muncul deh kode2 ajaib alias kode HTML nya. kopi semua kode tersebut
5. Login blog lalu pastekan kode tadi di - Tata letak ( Template ) - ADD WIDGET - HTML/Javascript

Berez.. Selanjutnya. Yuk lebih semangat ningkatin Ranking Alexanya!


20 comments:

yoyo said...

blog saiya nyang baru juga rank 9 bro :)

arsha said...

weks!!9?aku juga tuh..hehehe
setahuku rangking 9 tuh milik blogger.aku juga baru daftar alexa and rankingku belum diupdate dari sono,so saat ini masih 9.moga2 besok ganti jadi ranking 1 hehehe salam kenal ya

Debrian said...

oo gt ya.. aq pnya blog baru rank na 9.. tahuna lum terindeks ya..thanks ya..

oPa said...

hehEhhee...tp kl punya opA tetep stanbay di tempat, cuma naik seratus ribu gitu..(Ups koq jadi sombong yah opA)
;)
nice tips dah,..borong dalam satu artikel.

The World 记忆里的空间Of Memory said...

hahah.. nice to meet u .. myour blog also not bad wat .. anyway ..i understand mmalay as i m came from malaysia...your blog desidn so romantic aspecialy the rose

dyvna_angel said...

Yg nda jg kmaren gtu..rank 9..wah...bingung bgt kan..eh..tau-nya penipuan mata..

Junifarn said...

@all hihihi ternyata banyak juga yg tlah terhasut tante alexa :D

Sukses aja buat semuanya,

@opa salut deh.. sepertinya saya nih searang yg berbalik berguru :D

@Nda, yoyope, debrian Terus semangat juga.. n selamat menunggu terindeks blog rank 9 nya :D

@alan (The World 记忆里的空间Of Memory) Nice meet yo too friends :) your blog so great too ..

@ arsha Hehehe amieenn.. tak doain kamu peringkat 1, doain juga saya peringkat setengah yah sob :D

BlaGabloGer said...

iya, kirain tuh 9 udah mantep banget.... huahahaha...

Alexa aku naik turun nie.... T_T

Salam kenal yah...

efek kelopak bunganya manis banget deh... hehehehe

Panda said...

hehehe, 9 kan keren dibanding punya Panda :(

ryden said...

hehe..sama tuh juga punya ku..
kemarin ku pasang juga rank 9..mabuk kali y..hehehe

peterwieb_wie@yaAhoo.com said...

Semuanya ranking sembilan yah??? duh aku gak punya ranking cuz aku gak ikutan Alexa... alexa tuh nama band kan?? hehehe... emang apa cih untungnya ikut alexa??

andi8lumut said...

selamat ya. dapet peringkat yang bagus. sukses slalu

rio-sembilan said...

bukannya kalo pertama daftar emang dapet ranking 9 ya.. besok-besok juga berubahnya langsung jauh banget..

Ang1n said...

@peterwieb_wie@yaAhoo.com

Beberapa situs penyedia adsense berbayar menyertakan syarat Page rank dan alexa yang kurang dr 1 jt :)

@ andi
makasih doanya :)
yuk saling mendoakan dan mendukung aja :)

The World 记忆里的空间Of Memory said...

hhaha... i hope your blog ranking will keep increasing ..act i think that is quite easy thing lah .. just u only have keep in touch with your visitor ..hahha.. good luck lah..emmmm now u is study or working ?

FATAMORGANA said...

saya juga pernah ranknya 9. ternyata bukan utk link saya ya. hi hihh..udah geer aja deh. tks lho infonya.

angga said...

wkwkkwkkk, ketipu niyee :p

rio2000 said...

alexa rank saya normal kok he he he

I S said...

Blogku masih sejutaan nih dan aku nggak pajang rankingnya...malu! he...he...he...

bandung fitness said...

peringkat alexa saya kok no data trus, ya.?
pdhal sdh lama ngdaftarinnya...
apa emang udah nasib kali y...

KOMENTAR TERAKHIR