Wednesday, January 7, 2009

Malin Kundang dan formalin

Malin kundang anak durhaka merantau hingga berhasil hidupnya tapi malu mengakui ibu kandungnya bahkan dia perlakukan dengan hina
akhirnya Di kutuklah oleh ibunya Awan bergemuruh, langit kelabu, samudra berseteru, dan jadilah malin sebuah batu.






Banyak pelajaran yang dapat kita petik dari legenda tanah minang ini, sumatera barat. Tapi ada sebuah misteri besar di dalam ceritanya yang baru-baru ini di pecahkan oleh Para ilmuwan di Univeritas Oxford. Sekian lama batu yg menyerupai sosok tokoh Malin Kundang tersebut dalam cerita rakyat Minang, diyakini hanya merupakan cerita legenda belaka.

Para ahli sekarang telah mengetahui bahwa batu tsb diawetkan dengan formula canggih khas resep Indonesia yang kehebatannya melebihi ramuan para Mummi dari Mesir. Formula rahasia Malinkundang terkuak setelah ditemukan sisa-sia cairan yang terdapat pada botol, terkubur secara aman, tak jauh dari batu Malinkundang. Pada label botol tersebut tertulis dengan jelas “FOR: Malin” yang artinya “untuk Malin”.

Penduduk sekitarnya dan rakyat Indonesia pada umumnya biasa menyebut “formalin” yaitu sebuah resep rahasia nenek moyang yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat, namun karena kenaikan harga BBM dan krisis yang berkepanjangan, formalin saat ini lazim dipakai untuk mengawetkan tahu, ikan asin, bakso, mie basah dan tentu saja… Mayat, seperti dapat terlihat pada batu Malin Kundang yang masih tetap awet sampai sekarang di tanah Minang.

Terlepas dari benar atau tidaknya misteri ini Wallahu a'lam bisshawaf., Hanya yang maha kuasa yang tahu. Tapi bagaimanapun juga satu hal ajaran moral penting yang terkandung di dalamnya yang akan terus dan patut di pelihara hingga anak cucu indonesia beserta dunia pada umumnya,

" Jangan sekali-kali kamu mendurhakai ibumu !!! "


10 comments:

radenmas said...

tidaklah penting mempersoalkan kisah ini nyata atau tidak,yang terpenting adalah pesan moral yang terkandung didalamnya, yaitu hormatilah ibu kita,jagalah perasaannya dan yang terpenting muliakanlah dia.

Ocim said...

ingat tuh kata sobat kita " Jangan sekali-kali kamu mendurhakai ibumu !!! "

RAMA said...

BETUL TUH KATANYA SI OCIM,,,,,JNGAN MEMDURHAKAI IBUMU,,,
WAH,,,SPERTINYA SI ANGIN TIPE ORANG YANG SOLEH YA,,,,
LOK DARI SMUA ARTIKELNYA SIH,,SEPERTINYA ANGIN MELANKOLIS BGT,,,,,
PASTI SI ANGIN SRING NANGIS LOK NONTON FILM ROMANTIS YA???
WKWKWKWWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWW
NGAKU HAYOOO

kezialee said...

hah? ni brita btulan apa boongan sih?
masa ada botol tulisannya for: malin?
org indo jaman segitu bisa bahasa inggris?
kaenya buat nge-joke doang deh. XD

erwinyustiawan said...

yang penting makna ceritanya.. ambil positifnya aja..:)

Rie21 said...

Salut ma kamu Ang1n, secara ga langsung ngingetin kita2. Thx Infonya. ( jadi inget alm ibu gue )

FLikZ said...

wah...jadi ngeri...
begitulah kuasa Allah...
Murka Ibu adalah Murka Allah..

Mas...PR dah selesai...silahkan ditengok...
maap...baru bisa dikerjakan....
soalnya sekarang masih ulangan semester...

sandy said...

wew rada aneh juga yah..

tapi gak tau yah ini benar apa nggak..

yoyo said...

wew, ternyata itu asal usulnya formalin yah, baru tahu saiya :D

My Journey said...

wah...patungnya beneran gak ya???

KOMENTAR TERAKHIR