Thursday, July 19, 2012

Bocol bowol botol bobol bonol dan bodol

Apa ada yang tertarik dan mencari tahu maksud rentetan kata di atas?

Mari kita bahas sekilas
Ada-ada saja istilah unik baru yang beredar di masyarakat. Istilah ini lambat laun kian merebak. Kali ini datangnya dari Bidang Bussiness alias bisnis. Konon dipopulerkan oleh Milyarder asal Yogyakarta Pendiri sekaligus Ownernya Primagama Group, Bapak Purdi E chandra. Dalam seminarnya "Cara Gila Jadi Pengusaha".

Dalam Iklannya di media surat kabar, beliau menyebutkan beberapa kata baru (keyword ajaib bin mujaraib) yang menggelitik dan menarik diantaranya :

Bocol, Bowol, Botol, Bobol, Bonol dan Bodol

Berhubung analisa saya agak menyembarang, jadi urutan pengertian juga boleh ngacak donk hehehe

Bodol = Bodoh dan Dodol
     *Dodol ini sudah menjadi ejekan lumrah lho di kalangan anak muda palembang, tapi untuk nasional, apa juga yah?. kurang lebih artinya "Lembek", "Lelet", lebih mirip telmi kayaknya. Udah bodoh, telmi, kerja lelet, usaha lembek.
tapi itu hanya analisa Jun saja,

Botol = Bodoh dan Tolol
      *makna keduanya sudah pasti sudah dikenali oleh otak cerdas kita kan. tapi rasa-rasanya artinya kurang lebih sama. mungkin dua kata ejekan arti sama dipadukan untuk menandakan saking parahnyasi yang disindir atau saking kesel geremnya pelontar ejekan pada si korban ejek. jadi serapah bertubi-tubi deh. tapi itu hanya analisa Jun saja,

Bobol = Bodoh dan Bolot
      *Sama si Bolot dah kenal kan? Ya, itu dia. Kalo kita ngomong A dia ngomong Z, Udah nyampe pada solusi akhir eh nyeletuk ngasih solusi yang sama. Sepertinya apa yang baru saja dikatakan tidak didengarkan. Atau malah ngerasa orang ga berkata apa-apa. itu si bolot. dalam kontek ini mungkin orang bodoh yang tidak mendengarkan ocehan atau celetukan kiri kanan, atau pura-pura tuli, atau memang gangguan pendengaran nih. tapi itu hanya analisa Jun saja,

Bonol = Bodoh Konyol
       *Nah ini bodoh tapi menghibur, ga cuma menyedihkan sih tapi ada sisi positifnya juga. Namanya juga konyol. dan kebanyakan konyol jaman sekarang adalah materi penghibur yang cukup ampuh. orang ngebanyol aja lucu, apalagi kalu konyolnya spontanitas. Dalam konteks ini, Orang bodoh karena melakukan hal-hal yang konyol. tapi itu hanya analisa Jun saja,

Bocol = Bodoh dan ngocol
       *apa tuh ngocol? lebih mirip ngelawak kayaknya. tapi ngelawak ga karuan. Liat sesuatu langsung ngoceh-ngoceh ngelawak. Ga bisa serius sedikit, bawaannya melawaaaaak selalu. komedian ulung. Ini lebih parah dari si konyol. kalu konyo mungkin dari tingkahnya ga bermaksud melawak, hanya saja orang ngelihatnya kayak ngelawak. Dalam konteks bisnis ini, orang bodoh dalam bisnis karena kerjaannya dibawa ngelawak.Bisnis kok bisa-bisanya jadi lawakan yah? :D

Bowol = Bodoh dan Woles
        *woles itu artinya selu, seluw, selow, slowdown. alias santai saja mamen. Nah ini kategori hampir sama dengan dodol. Mengapa? karena Keleletan nya emang disengaja padahal sebetulnya dia bisa bertindak lebih cepat. Bedanya ama Dodol, para dodolers itu disebabkan memang karena pembawaan atau kebiasaannya atau memang lepel speed nya emang dianugrahin gitu. Orang penyantai bisa juga disebabkan karena terlalu menganggap sepelh sesuatu yang akan dikerjakan, jadi ditunda-tunda. Dalam konteks ini kebodohan karena menunda sesuatu. Dan sekali lagi itu semua hanya analisa Jun saja.

karena belum ada hepeng sen pity duit, jadi gak bisa deh mencucokkan dengan pengertian sebenarnya. dan memuaskan semua tanya. Tapi -Who Knows- lah. Ga ada salahnya ber "spekulasi" kan :D

@};-'--,--- @};-'--,--- @};-'--,---   ---'--,-;{@ ---'--,-;{@ ---'--,-;{@

barangkali kawan ada yang mau membenahi atau menambahkan?

No comments:

KOMENTAR TERAKHIR