Sunday, July 15, 2012

FENOMENA GALAU

Ayo ikutan investigasi maksud dan pengertian dari kata " GALAU "

Jun mau berbagi sedikit info dari hasil baca di media surat kabar sumatera selatan.
Isinya berupa survey terhadap responden. Tapi kali ni di sajikan dalam bentu peng "kata-kata" an (ribet yah kalau mau buat istilah unik buatan sendiri).

Fenomena galau lazimnya terjadi pada saat seseorang mulai beranjak remaja. Abege (anak baru gedong). Ababil (Abege (lihat abege) labil). Pada masa remaja, manusia akan digelayuti oleh banyak permasalahan kecil atau pun besar yang bisa memaksa untuk "menguras pikiran" (tapi bukan dalam bentuk soal ujian dan teka-teki silang). Nah dikarenakan jiwa yang masih labil dan mudah goyah, mudah berubah, mudah ketiup angin kencang, masalah yang seharusnya bisa dipikirkan dengan baik oleh jiwa yang matang, malah menjadi "pemikiran yang panjaaaaaaaaaaaaaaang dan membingungkan.

Disaat kesulitan menentukan keputusan untuk mencari-cari solusi dari permasalahan, maka muncullah sesosok mahluk yang bernama "Galau" beterbangan di otak. Dan biang galau paling terbesar dari para remaja, apalagi namanya kalu bukan, Cinta. Love (Looking On Very Extraordinary) + , Lope lope.

Ternyata dari beberapa responden yang terhimpun baik dari kalangan siswa mahasiswa dan umum, ditarik kesimpulan bahwa lebih dari separuh remaja positif dan sering mengalami Kegalauan. Ada juga yang kecanduan. Walaupun galau tak mengandung Nikotin, tapi berhati-hatilah, galau juga mengandung kafein tinggi yang bisa bikin orang sulit tidur, serta punya zat aditif yang sangat pekat bila menempel di dinding hati ("Galau", Junifarn).

Apa penyebab galau?
Suara terbesar mengatakan bahwa utamanya galau disebabkan oleh "Cut" (bukan perempuan aceh, kawan!) alias Putus cintra. Lalu menyusul di posisi kedua yaitu disebabkan oleh "berantem sama G-B-Tan". Barulah di belakangnya menyusul alasan Cinta bertepuk sebelah kaki (tangan juga boleh) alias "Cinta Sendiri" dan Hubungan tidak jelas alias gantung alias HTS(hubungan tanpa status) alias complicated.

Selain itu terdapat pula beberapa fakta, yaitu ciri-ciri seseorang positif terkena sindrome galau (Galauz Syndromes : Junifarn ) yaitu :
- Keseringan denger lagu galau melulu,
- Pembawaan resah tak tenang, sewot suka mengeluh (bukan melenguh ya),
- Dan yang paling dominan adalah : "SETIAP SAAT UDATE STATUS DI SOSIAL MEDIA"

nah ya? gimana tuh kawan?

Tapi tenang, sindrom galauz ini bisa dijinakkan kok, bukan kayak kanker (cancer bukan kantong kere). Sebagian akan hilang dengan sendirinya seiring dengan ketenangan lingkungan dan emosi. Sebagian lain bisa hilang dengan mencari kegiatan poisitif lain yang menyenangkan atau menantang sehingga pikiran teralih dari yang galau-galau.

Seperti plesetan lagunya celine dion, My life still go on, hidup akan terus berjalan, jadi buat apa memusingkan si andi lau (situasi antara dilema dan galau). 

@};-'--,--- @};-'--,--- @};-'--,---   ---'--,-;{@ ---'--,-;{@ ---'--,-;{@


"lupakan perasaan kacau dan lanjutkan hidup dengan gembira suka cita walau apapun menimpa.
karena hidup adalah cermin dan pantulan bayangan di air. Maka positif sajalah, dan dunia seisinya akan positif pada kita"
~(Junifarn)~

1 comment:

Abu Zaini said...

Terima kasih penjelasan tentang fenomena galau yang lengkap dan panjang ini. Salam kenal..

KOMENTAR TERAKHIR